Furniture Jepara Selayang Pandang

Furniture Jepara begitu terkenal.  Jika Anda pedagang besar atau pedagang kecil di bidang furniture, perhitungkan Jepara sebagai tempat mengkulak atau membeli dalam partai besar atau kecil, karena di sinilah pusat produksi mebel kayu yang besar. Furniture jepara sudah terkenal di Indonesia dan dunia. Hal ini terlihat dari kontinuitas penjualan mebel jepara ke berbagai daerah di Indonesia maupun berbagai benua.

Ada tiga karakteristik Jepara yang sangat menguntungkan bagi pedagang mebel.

Klaster Furniture Jepara

Furniture jepara sudah menjadi klaster industri. Di Jepara terdapat 13.000 pengrajin 400 eksportir di bidang mebel. Banyaknya pengusaha di bidang mebel di wilayah geografis yang sama ini membuat Jepara menghemat biaya pembelian bahan baku, pemasaran, dan pembelajaran. Mengapa kedekatan geografis ini memberikan keuntungan bagi efisiensi hal-hal tersebut?  Walaupun secara individual tidak membeli bahan baku dalam partai besar, mereka secara kolektif membeli bahan baku kayu, bahan pembantu dan lain-lain dalam partai besar. Pembelian dengan partai besar ini bisa mendapatkan harga murah. Kemudian mereka saling belajar satu sama lain. Hal ini tentu mengurangi biaya belajar. Kemudian karena banyaknya pengusaha furniture di Jepara, hal ini membuat persaingan antar pengusaha dalam produk, harga dan layanan. Persaingan ini memperkuat daya tawar pedagang untuk mendapatkan produk yang bagus dengan harga murah.

Warisan Budaya Furniture Jepara

Furniture jepara adalah hasil kemahiran pertukangan dan ukir. Kemahiran ini adalah hasil dari pembelajaran dari generasi ke generasi. Perpaduan antara kecintaan, kecerdikan, keterampilan, dan kesabaran selama beberapa generasi sejak abad ke 16. Kemahiran orang Jepara dalam mengukir masih lestari sampai sekarang. Pengukir Jepara sanggup mengukir dengan sangat halus dan detail.

Warisan Furniture Jepara

Jejak Furniture Jepara 1559
Gambar di atas adalah peninggalan ukiran Jepara yang dibuat pada tahun 1559 Masehi.
Ukiran Jepara
Kemahiran Ukiran Jepara terwujud dalam Relif di atas.

Keragaman Gaya Furniture Jepara

Dengan kemahiran mengukir yang sangat halus, pengrajin Jepara bisa melakukan beragam desain mebel yang terbuat dari kayu, mulai dari klasik dari Eropa, furniture ala indonesia, furniture kuno dari mesir, dan beragam furniture lain. Bagi pedagang dari luar kota, Jepara memberikan banyak pilihan desain dan bisa mengerjakan desain-desain baru. Buyer-buyer dari luar negeri banyak yang memesan desain-desain yang rumit-rumit gaya klasik kepada pengrajin Jepara. Itu sebabnya, di Jepara kita bisa dengan mudah mencari kursi chippendale, louis XIV, XV, XVI. Di Jepara juga bisa ditemui furniture minimalis dan minimalis kontemporer.

Furniture Jepara Minimalis KontemporerFurniture Jepara Klasik

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s