Keseimbangan Dalam Desain Interior

Desain interior adalah seni yang fungsional. Dalam sisi seninya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu keseimbangan, harmoni, ritme, penekanan proporsi dan skala. Keseimbangan ada tiga: simetris, asimetris, radial Simetris Keseimbangan itu ada tiga.

Keseimbangan Simetris

Pertama, keseimbangan simetris. Kanan kiri sama. Seolah ada garis tengah vertikal yang menjadi sumbu pencerminan. Keseimbangan simetris menciptakan rasa tertata pada ruangan.Gaya ini biasanya diterapkan untuk interior klasik dan tradisional. Kesannya formal.

Keseimbangan Tidak Simetris (Asimetris)

Kedua, keseimbangan yang tidak simetris. Keseimbangan yang tidak simetris ini kanan kiri tidak sama. Tetapi bisa diseimbangkan dengan memberi tekanan dengan warna, ornamen, tekstur. Misalnya bagian kanan bentuknya besar. Bagian kiri boleh kecil tetapi menonjol warna, tekstur atau ornamennya. Atau bisa juga bagian kiri satu bidang besar. Bagian kanan kecil-kecil banyak untuk mengimbangi satu yang besar tersebut. Keseimbangan yang tidak simetris ini memberi kesan dinamis. Keseimbangan ini juga bisa mengikuti perlengkapan yang ada, karena kanan kiri tidak harus sama. Walaupun demikian ketidaksamaan ini masih seimbang karena walaupun tidak sama bentuknya, bobotnya sama. Besar dan kecil bisa seimbang jika yang kecil berjumlah banyak.

image

Keseimbangan Asimetris

Keseimbangan ketiga adalah keseimbangan radial. Keseimbangan radial ini bukan kanan kiri sama tetapi ada satu titik pusat yang dikelilingi secara melingkar dengan bentuk-bentuk kecil lainnya. Ada titik pusat.

image

Keseimbangan Radial

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s